Cilegon- Pemerintah Kota Cilegon memperingati hari besar islam Nuzulul Qur’an 1440 H yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Senin (20/05).

Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya menjelaskan bahwa peringatan nuzulul qur’an ini untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Peringatan ini dimaksudkan sebagai sarana bagi umat islam dalam memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, umat islam juga diingatkan agar senantiasa memegang teguh Al-Qur’an dan sunnah sebagai pedoman dan tuntunan dalam hidup kita,” ungkapnya.

Edi juga mengajak kepada masyarakat Kota Cilegon untuk mensyukuri atas turunnya Al-Qur’an dengan membacanya. “Peristiwa turunnya Al-Qur’an merupakan salah satu peristiwa yang sangat penting dalam sejarah dan perkembangan peradaban islam, saat ini dan kedepan, menjadi tugas kita untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama dan kita harus menghiasi rumah-rumah kita dengan bacaan Al-Qur’an,” tuturnya.

Lebih lanjut, Edi meminta kepada masyarakat Kota Cilegon untuk membiasakan diri memabaca Al-Qur’an. “Oleh karena itu, marilah kita membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an bahkan diusahakan untuk mampu menghafalkannya, hendaknya kita membuat program keluarga Al-Qur’an, sehingga kita dapat meluangkan beberapa menit untuk bersama-sama keluarga menghayati firman Allah SWT,” jelasnya.

Selain membacanya, Edi juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an di kehidupan sehari-hari. “Saya mengajak kepada segenap umat islam di Kota Cilegon untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga dan bermasyarakat, sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah SAW yang konsisten berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai landasan moral dan perilaku beliau,” katanya.

Selain memperingati Nuzulul Qur’an, Pemerintah Kota Cilegon juga melaksanakan taraweh berkunjung, dimana Pemerintah Kota Cilegon beserta muspida, DPRD, OPD, BUMN, BUMS, BUMD, ORMAS, pengusaha, Ulama dan tokoh masyarakat se-Kota Cilegon akan mengunjungi Masjid yang sudah ditentukan di 8 Kecamatan yang ada di Kota Cilegon. (athala/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here