Cilegon- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa kepedulian dan cinta terhadap kelestarian lingkungan sekitar. Ajakan tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kota Cilegon. Peringatan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Selasa (30/07). Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini bertema ‘Biru Langitku Hijau Bumiku’.

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang slaah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara. “ WHO menyatakan setiap tahun ada 7 juta orang meninggal karena polusi udara, dan di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan, industri, pertanian dan pembekaran sampah,” terangnya.

Lanjutnya, Edi juga menjelaskan, untuk memastikan polusi udara terpantau dengan baik, sejak tahun 2015 Indonesia telah membangun sistem pemantau kualitas udara kontinyu. “Ada sebanyak 26 stasiun pemantau dan terhubung dengan 44 stasiun yang sudah ada, termasuk di Kota Cilegon telah terpasang alat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa titik di setiap kecamatan sebagai pemantau kualitas udara di Kota Cilegon,” ujarnya.

Selain itu, Edi mengungkapkan, bahwa upaya dalam pengendalian polusi udara perlu diimbangi dengan gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi polusi udara. “Gerakan ini akan memberikan dampak yang lebih besar jika seluruh pihak berpartisipasi dengan menanam dan memelihara 25 pohon seumur hidup. Saya mengajak masuarakat untuk mendukung program penanaman 25 tahun seurun hidp dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tana, serta ekosistem di bumi ini,” ungkapnya.

Pada keempatan ini, Edi juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk menjaga lingkungan, menanam budaya bersih dan bijak dalm mengelola kebersihan. “Melalui momentum ini diharapkan dapat menambahkan semangat kita untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berprilaku adil terhadap lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan lingkungan yang bersih dapat meningkatkan kenyamanan. Mari kita bersatu dan bertekad bersama-sama agar lingkungan tetap bersih, untuk alam yang baik menuju Biru Langitku, Hijau Bumiku,” Pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Ujang Iing saat diwawancai mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya semaksimal mungkin untuk menggerakkan gerakan rumput. “Saat ini kita berupaya menggerakkan gerakan rumput dari sekolah- sekolah dan kita juga akan membina dari para dewan guru dan para anak-anak didik untuk memulai menanam dan menanam pohon hijau, setelah itu kedepannya kita akan ketingkat lebih luas lagi, ke tingkat rumah-rumah warga, kelurahan dan juga kecamatan,” jelasnya. (umam/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here