Peresmian. Wakil Walikota Rt Ati Marliati bersama unsur Forkompimda dan perwakilan PT CAP melakukan penggelaran dan peresmian penggunaan aspal campuran sampah plastik.

CILEGON- Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati meresmikan penggelaran jalan dengan campuran aspal plastik di Jalan Al-Islah di Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Senin (25/11). Penggelaran aspal campuran plastik tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dengan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP).

Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, kerjasama antara Pemkot Cilegon dan PT CAP bukan yang pertama kali. Melalui kerjasama yang terbangun baik ini, diharap terus dilakukan. Agar sinergitas pemerintah dan industri berkesinambungan. “Di JLS (Jalan Lingkar Selatan), dulu Chandra Asri sudah membantu, saat ini kita bekerjasama lagi untuk peningkatan dan pemeliharaan Jalan Islah,” kata Ati.

Ati berterima kasih, lantaran sudah ada 34 ¬†ruas jalan yang peningkatannya bekerjasama dengan PT CAP. Ia berharap, sinergitas yang baik ini terus berlanjut. Investasi yang terus bertumbuh bisa berdampak positif bagi masyarakat. “Penggelaran aspal plastik di ruas Jalan Al-Islah itu merupakan yang terakhir di tahun ini,” tuturnya.

Ati menambahkan, pencampuran aspal dengan plastik ini upaya mengurangi sampah plasti dan meningkatkan kualitas jalan. “kami berharap program seperti ini juga dilakukan di daerah lain,” harapnya.

Sementara Vice President¬† Corporate Relations PT CAP Suhat Miyarso mengaku bangga bisa terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot untuk implmentasi jalan aspaldengan campuran sampah plastik. “Dalam penggarapan jalan aspal yang menggunakan sampah plastik ini tersebar di 34 titik. Dan kami memberikan dukungan penyediaan 16,5 ton kantung plastik bekas atau sebesar 5-6 persen dengan tipe High Density Polyhylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal,” terangnya.

Kata dia, penggunaan sampah plastik menjadi campuran aspal¬† menjadi salah satu solusi dalam pengolahan sampah plastik. Campuran plastik pada aspal bisa meningkatkan stabilitas jalan hingga 40 persen lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya. Ini berdasarkan hsil riset Kementerian PUPR. “Kolaborasi ini merupakan wujud kerja sama yang baik antara kami dengan Pemkot. Semoga ini bisa terus berlanjut,” tandasnya. (umam/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here