aa.Telaga Biru menjadi wisata baru dana juga menjadi potensi bisnis dan ekonomi baru bagi masyarakat di sekitarnya

 

TANGERANG – Telaga Biru yang terletak di Kampung Cigaru, Cisoka, Tangerang mendadak jadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Yang bikin tempat ini istimewa karena terdapat tiga telaga dengan warna dan kedalaman berbeda. Begitu Indah.

Saat datang ke tempat ini, Anda bisa menemui telaga dengan air hijau jernih dengan kedalaman lima meter.

Telaga kedua, kecantikannya juga luar biasa. Warnanya biru, begitu jernih dan bersih dengan kedalaman 15 meter. Dan telaga ketiga, dalamnya 20 meter.

Di balik keindahan telaga ini, ada kisah di balik birunya air telaga. Menurut salah seorangĀ  pengelola Telaga Biru Cisoka, Andi, telaga ini bukanlah telaga yang terbentuk secara alami, namun awalnya terbentuk dari sisa penggalian pasir.

“Telaga Biru Cisoka ini awalnya terbentuk dari bekas galian pasir pada tahun 1999-2005 namun karena proses alam membuat bekas penggalian pasir tersebut mulai digenangi oleh air, dan membentuk tiga telaga dengan kedalaman yang berbeda,” telaga saat ditemui oleh VIVA, Rabu 10 Januari 2018 di Telaga Biru Cisoka, Jalan Cigaru, Cisoka, Tangerang.

Andi juga bercerita, awalnya telaga ini tidak memiliki warna biru yang jernih seperti sekarang ini. Dulu, airnya terlihat sangat keruh. Namun seiring dengan berjalannya waktu, telaga ini mengalami perubahan warna, menjadi bersih, bening, dan berwarna biru.

Tapi anehnya, pada salah satu telaga, awalnya memiliki warna biru kini berubah menjadi warna hijau dengan sendirinya.

Melihat pemandangan indah yang ditampilkan oleh telaga biru tersebut, membuat para warga Cisoka akhirnya memutuskan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata pada mei 2015. Telaga Biru Cisoka dengan keseluruhan luas 4 hektar ini juga dimanfaatkan para warga sekitar sebagai lahan bisnis kecil-kecilan dengan membuka beberapa kedai kopi, sebagai tempat bersantai para wisatawan yang datang.

“Saat ini Telaga Biru Cisoka masih dalam tahap perkembangan. Nantinya akan ada wahana permainan air dengan tema pantai buatan melengkapi wisata alam ini. Juga akan hadir lebih banyak tempat makan, dan souvenir khas Cisoka,” ucapnya.

Andi juga mengatakan saat ini telaga ini dikelola bekerjasama dengan pemerintah setempat agar wisatawan yang datang merasa nyaman.

“Ada rencana akan ada sebuah bus wisata yang mengantarkan para wisatawan yang datang dari Stasiun Tigaraksa menuju ke sini,” ucapnya.

Kini Telaga Biru tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan. Terutama wisatawan lokal. Tidak hanya berasal dari Jakarta, dari wisatawan lokal dari sejumlah daerah di Indonesia seperti Jawa, Bali Sumtaera, Kalimantan, Sulawesi, dan daerah lainnya di Indonesia. (viva.co.id/redaksi)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here