CILEGON – Walikota Cilegon Edi Ariadi menghadiri acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke-108 yang dilaksanakan  di Kantor Dinas Sosial Panti Rehabilitasi Cikerai yang dijadikan Posko, Selasa (30/06).

Edi mengatakan,  program TMMD adalah program terpadu lintas sektroral antara TNI dengan kementerian, lembaga pemerintahan nonkementerian, dan pemerintah daerah secara terintegrasi dengan masyarakat untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan daerah di pedesaan.

“TMMD itu program lintas sektoral dilaksanakan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal dan terisolasi perbatasan”, katanya.

Edi mengatakan, TMMD yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. “Kegiatan TMMD ini meliputi dua aspek yaitu kegiatan fisik dan kegiatan non fisik. Kegiatan fisik ini meliputi peningkatan saranan prasarana di wilayah pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum, dan sosial. Sedangkan kegiatan non fisik itu seperti kegiatan meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat,” tuturnya.

Edi menyampaikan, jika program TMMD mempunyai sasaran pokok yaitu dengan membuka badan jalan sepanjang 1.8 KM dengan pengerjaan satu unit jembatan. Selain itu, program TMMD juga mempunyai sasaran tambahan yang meliputi rehab satu unit rumah tidak layak huni, pembuatan lima unit jamban, pengecatan masjid dan pembangunan  unit pos kamling di Lingkungan Cikerai. Selain itu dilaksanakan juga pembagian sembako dan pelaksanaan baksos kesehatan dan keluarga berencana.

Acara pelaksanaan kegiatan TMMD yang ke-108 tahun 2020 akan dilaksanakan selama 30 hari yang dimulai dari  30 Juni 2020 sampai dengan 29 Juli 2020 yang berlokasi di Keurahan cikerai, Kecamatan Cibeber Kota Cilegon.

Dalam kesempatan yang sama, Edi berharap, kegiatan yang dilaksanankan bisa meningkatkan kebersamaan dan pembangunan di daerah. (tala/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here