Petugas kepolisian Banten berfoto bersama di sela-sela kegiatan mengamankan arus mudik lebaran 2018
Pulomerak – Untuk mempermudah pengawasan di jalur mudik, Petugas Kepolisian Lalulintas (Polantas) Polda Banten, memasang puluhan CCTV yang tersebar di beberapa titik di jalur mudik di Provinsi Banten. Pemasangan CCTV dilakukan untuk mempermudah petugas Polantas dalam mengatur kendaraan pemudik.
Ditemui di Kantor Balai Pengelola Trasnportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo mengatakan, dilakukanya pemasangan puluhan CCTV  bertujuan untuk mempermudah petugas Lalulintas dalam mengaturvolume kendaraan para pemudik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.  “Selain untuk membantu mempermudah petugas dalam memonitor situasi lalulintas sepanjang arus mudik dan arus balik tahun 2018, pemasangan CCTV juga dapat mempersingkat cara kerja petugas dalam mengatur lalulintas apabila terjadi penumpukan kendaraan,”kata Julianto kepada jurnalis wartawan, Jum’at, (08/06).
Ia menjelaskan bahwa, pemasangan CCTV tersebut dilakukan bukan hanya oleh pihak Kepolisian Polda Banten, namun dilakukan pula oleh beberapa intansi terkait lainya seperti PT. MMS, PT. ASDP, Dinas Perhubungan dan Kominfo. Yang semuanya kurang lebih ada sekitar 60 CCTV yang sudah terpasang di wilayah Hukum Polda Banten.
Adapun dalam pengawasanya tersebut lanjut Julianto, pihaknya melakukan pengawasan selama 24 jam non stop.  Dalam pengawasanya akan dilakukan oleh petugas kepolisian Polda Banten yang akan dibagi menjadi dua shift. “Untuk pengawasanya akan dilakukan oleh anggota Polda Banten, yang akan dibagi menjadi dua shift,”ucapnya
Menurut Julianto, pemasangan CCTV tersebut sangat membantu petugas dalam memonitor lalulintas, karena nantinya baik petugas yang ada di Pos maupun yang ada di Lapangan bisa saling menginformasikan terus menerus sehingga kepadatan kendaran bisa teruraikan.
“Dengan adanya CCTV tersebut, maka petugas Polantas akan lebih mudah memonitor lalulintas dan lebih cepat, dalam berkordinasinya,”terangnya
Julianto menambahkan, bahwa pemasangan CCTV tersebut, dilakukan di beberapa titik di provinsi Banten diantaranaya, di depan Pelabuhan Merak Banten, di jalur tol Tangerang-Merak, di jalur  Pandeglang, Labuan, jalur wisata Anyer Mancak, Simpang Teneng, JLS dan beberapa titik lainya di Provinsi Banten. (sidi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here