Juara Umum. Kafilah Kota Tangsel kembali sabet juara umum. sumber foto: bantenprov.go.id

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy secara resmi menutup MTQ Banten XVII  di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Sabtu (15/8). Dalam perhelatan MTQ yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan covid-19 secara penuh tersebut, Kota Tangerang Selatan dinobatkan sebagai juara tetap karena berhasil keluar sebagai juara umum untuk keempat kalinya.

“Dengan mengucapkan alhamdulillahi rabbil ‘alamin secara resmi MTQ XVII tingkat Provinsi Banten tahun 2020 saya nyatakan ditutup,” demikian Wagub mengakhiri sambutannya pada acara tersebut.

Andika mengaku bersyukur karena MTQ masih bisa digelar meski di tengah kondisi pandemi covid-19. Andika mengapresiasi karena untuk pertama kalinya MTQ digelar dengan menerapkan secara penuh protokol kesehatan covid-19.

“Ini membuktikan masyarakat Banten masih diberi rahmat berupa kekuatan untuk tetap melakukan syiar Agama Islam,” kata Wagub seraya memohon masyarakat beserta alim ulama untuk mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk masyarakat di Provinsi Banten.

Lebih jauh Andika mengapresiasi LPTQ Provinsi Banten yang untuk pertama kalinya memberikan penghargaan berupa LPTQ Provinsi Banten Award. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kepala daerah dalam melakukan pembinaan baca tulis Alquran. Tahun ini jatuh kepada Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani.

“Award ini sebagai pemicu semangat para bupati/walikota dalam melakukan pembinaan baca tulis Alquran di daerahnya, sehingga kita akan berlomba-lomba dalam syiar Agama Islam”, kata Wagub.

Untuk diketahui, Airin diganjar LPTQ Award karena LPTQ Banten menilai Airin telah sangat berprestasi dalam melakukan pembinaan. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten empat tahun berturut-turut sehingga akhirnya dinobatkan sebagai juara tetap pada tahun ini.

LPTQ Award Provinsi Banten 2020 juga diberikan kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya untuk kategori dukungan anggaran terbesar dan kategori regulasi terbaik. Berikutnya LPTQ Award 2020 juga diberikan kepada Walikota Cilegon Edi Ariadi pada kategori dukungan sarana pra sarana paling memadai.

Adapun untuk perolehan skor pada MTQ XVII sendiri berturut-turut adalah Kota Tangerang Selatan 138 poin di peringkat 1, Kabupaten Serang 124 poin di peringkat 2, Kabupaten Pandeglang 75 poin di peringkat 3 dan Kota Tangerang 69 poin di peringkat 4. Berikutnya, Kota Serang 34 poin di peringkat 5, Kabupaten Tangerang 29 poin di peringkat 6, Kabupaten Lebak 27 poin di peringkat 7 dan terkakhir Kota Cilegon 8 poin di peringkat 8.(mam/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here