CILEGON – Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten akan mengevaluasi sejumlah permasalahan transportasi yang ada di wilayah Banten terutama yang berkaitan dengan pelayanan.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten yang baru Endi Suprasetio mengatakan, pihaknya akan segera melakukan sejumlah evaluasi persoalan transportasi di wilayahnya.

“Hasil apa yang sudah dilakukan pak Nur (Kepala BPTD sebelumnya) sebagai pijakan awal kami untuk mengevaluasi. Disini kan fokus utamanya penyebrangan yah, Merak ke Bakau dan sebaliknya. Itu harus dijaga jangan sampai terjadi permasalahan pelayanan seperti antrian dan sebagianya. Dari waktu ke waktu itu ada, artinya memang karena ada perubahan moderenisasi pelabuhan, peningkatan pelabuhan, tetapi tetap saja jumlah dermaga banyak, jumlah kapal banyak harus kita maintenance. Ini membutuhkan suatu skenario operasional yang harus di update mengikuti perkembangan dari situasi yang terjadi di lapangan,” kata Endi Suprasetio usai sertijab dan pisah sambut dari yang sebelumnya Nurhadi Unggul Wibowo yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Cilegon, Selasa (1/9).

Selain itu Endi mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pengecekan pada sejumlah terminal tipe A di Banten yang menjadi tanggung jawab instansinya. Diketahui di Banten sendiri ada 4 terminal tipe A yaitu Terminal Pakupatan, Terminal Terpadu Merak (TTM), Terminal Rangkasbitung dan Terminal Labuan di Pandeglang.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan melihat semua hal-hal yang ingin perlu ditingkatkan. Kita akan lakukan perbaikan, peningkatan pelayanan, tapi semua kan nanti keputusan ada di pusat. Tetapi kita disini tetap akan upayakan untuk memperbaiki semua infrastruktur simbol-simbol transportasi yang ada di wilayah Banten ini termasuk terminal tipe A yang jadi kewenangan kami,” terang mantan Kepala BPTD Wilayah VI Provinsi Lampung-Bengkulu ini.

Lebih lanjut, Endi akan menginventarisir terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk nanti diusulkan ke Kementrian Perhubungan.

“Saya akan coba inventarisir dulu apa-apa yang harus kita kerjakan kemudian kita usulkan ke pusat. Kan semua terikat pasti pembiayaan itu kewenangannya ada di pusat,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Nurhadi Unggul Wibowo berterimakasih kepada mitra kerja yang selama ini telah bekerjasama dengan BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten dibawah kepemimpinannya.

Seperti diketahui Nurhadi sendiri menduduki jabatan baru sebagai sebagai Kasubdit Prasarana Transportasi Perkeretaapian di Badan Pengelola Tranportasi Jabodetebek-Jakarta.

“Dengan berakhirnya tugas saya sebagai kepala BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada mitra kerja. Dan saya mengucapkan selamat kepada Pak Endi sebagai pejabat yang baru supaya BPTD lebih sukses lagi, lebih maju lagi khususnya untuk Banten,” tutupnya.(lazo/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here