CILEGON – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon akan segera mendistribusikan kuota gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia guna menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi covid-19 kepada seluruh siswa-siswi yang ada di Kota Cilegon. Kuota tersebut tidak hanya akan diberikan kepada pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), melainkan turut diberikan kepada seluruh Guru se-Kota Cilegon.

Kasubag Program Evaluasi di Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon Vania Eriza mengatakan, total keseluruhan jumlah penerima kuota internet sekitar 74.198 peserta. Diantaranya, 69.726 orang pelajar dan 4.472 orang tenaga pengajar.

“Nah, masing-masing pelajar dan pendidik memiliki jatah kuota tersendiri. Untuk siswa bakal menerima kuota sebanyak 35 GB sedangkan untuk gurunya akan menerima 45 GB per/bulan dari Kemendikbud,” ujar Vania di Kantor Dindik Kota Cilegon, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Jumat (18/9).

Vania menuturkan, guna memperoleh kuota gratis, para orangtua peserta didik dan guru di sekolah agar dapat menyerahkan nomor telepon yang bisa dihubungi ke dalam sistem Data Pokok Pendidik (Dapodik) pada Dinas Pendidikan Kota Cilegon.

“Nah, nantinya setelah data diserahkan ke dalam data dapodik dan data pokok, barulah dari pihak Kemendikbud yang akan melakukan verifikasi dan memvalidasi nomor telepon siswa dan guru apakah masih aktif atau sudah tidak lagi digunakan nomor itu,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Vania, dari total 74.198 penerima kuota tersebut, sudah sebanyak 21.000 orang yang telah diverifikasi oleh Kemendikbud. Namun, lanjutnya, baru 1.400 yang dinyatakan aktif dan sisanya masih dalam proses verikasi.

“Nantinya, kuota internet yang diberikan Kemendikbud cuma bisa digunakan untuk meeting online dan pembelajaran antara guru dan siswa. Gak bisa digunakan untuk youtube atau game online. Nanti akan terdetek dari pusat apabila kuota yang diberikan ini digunakan untuk membuka aplikasi lain selain urusan belajar,” ujarnya.

Selain itu, ia  menuturkan, bahwasanya kuota internet yang diberikan secara gratis dari Kemendikbud tersebut bisa dinikmati oleh peserta didik dan tenaga pendidik mulai Oktober mendatang.

“Iya. Kemungkinan semua data selesai diverifikasi oleh pusat pada akhir September. Jadi sudah bisa dinikmati pada awal Oktober mendatang,” pungkasnya.(lazo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here