CILEGON – Kementrian Perhubungan (Menhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bagian satu juta masker kepada seluruh sopir truk, kendaraan roda dua maupun empat, nahkoda dan anak buah kapal (ABK) hingga para penumpang kapal dan para pengguna jalan yang melintasi pelabuhan Merak, Senin (21/9).

“Hari ini kami mengadakan kegiatan bagi-bagi masker sebagai momentum perhubungan darat. Kami bagikan satu juta masker kepada masyarakat. Jadi di semua BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) yang ada di Indonesia pun secara serentak membagikan sejuta masker kepada masyarakat,” kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di sela-sela kegiatan, Senin (21/9).

Menurutnya, pembagian masker secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan menjalankan amanat Presiden RI guna memberikan edukasi dalam upaya mencegah penyebaran corona virus disease atau covid-19. Kata dia, hal tersebut dilakukan guna membiasakan 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) kepada masyarakat.

“Kegiatan ini kami kira semua sepakat bahwa telah menjadi arahan pak presiden dan menteri perhubungan agar selalu mengedukasi dan mengajak masyarakat menggunakan masker agar menjadi kebiasaan,” ujarnya.

Ia menginginkan, jika area pelabuhan dijadikan sebagai zona wajib masker. Menurutnya, pelabuhan menjadi wilayah yang padat aktivitas karena penyebrangan Pulau Jawa dan Sumatera berada di Merak, Banten.

“Masyarakat yang tidak menggunakan masker tidak boleh naik kapal. Kalau bisa Merak ini dijadikan area wajib masker,” tegasnya.

Selain itu, ia berharap, atas pembagian satu juta masker tersebut dapat menyadarkan masyarakat. Bahwasanya, kata dia, perlu adanya kerja sama antar masyarakat dan pemerintah guna mengurangi penyebaran virus tersebut.

“Mudah mudahan dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan masker, bisa menghilangkan segera virus tersebut, dan semoga covid-19 di Indonesia semakin berkurang,” pungkasnya.(lazo/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here