Membuka pelatihan. Sekretaris Disparbud Kota Cilegon membuka kegiatan pelatihan manajemen homestay.

CILEGON – Sebanyak empat puluh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dilatih manajemen home stay yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon selama dua hari di Hotel Gondang.

Kepala Seksi (Kasi) Destinasi dan Industri Pariwisata Nelly Evalinda mengatakan, ini sebenarnya kegiatan pusat karena anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Jadi, ya kita laksanakan meski di tengah pandemi covid-19” , kata Nelly kepada oeridab.com, Rabu (18/11) di sela-sela kegiatan.

Kata Nelly, karena digelar masih di masa pandemi,. maka kegiatan pun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan tetap kita jalankan. Kita sediakan hand sanitizer, pengecekan suhu badan sebelum masuk ruangan, dan jumlah peserta dibagi dua. Hari pertama, 18 November 20 orang dan hari kedua 19 November juga 20 orang”, katanya.

Jaga jarak. Peserta pelatihan tetap mengikuti protokol covid-19 diantaranya dengan menjaga jarak.

Nelly juga menuturkan, di Cilegon ini sudah ada beberapa kampung wisata, seperti di Cikerai Kecamatan Cibeber, di Lingkungan Ramanuju Kecamatan Citangkil, dan satu lagi di Kecamatan Pulomerak.

“Untuk bisa mendatangkan turis itu kan perlu adanya tempat menginap. Karena lokasinya di perkampungan, maka kita harus menyiapkan yang namanya homestay. Rumah warga
yang memang layak dan representatif dijadikan homestay”, tutur Nelly.

Lantaran perlu adanya homestay, maka pihaknya menggelar pelatihan manajemen homestay. “Nah kita kasih ilmunya dulu kepada Pokdarwis apa itu homestay dan bagaimana manajemennya”, ujarnya.

 

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Mamat Slamet mengatakan, selesai pelatihan nanti juga akan ada studi banding atau observasi soal manajemen homestay ini.

“Untuk study banding rencananya ke Kota Serang. Kita akan melihat seperti apa manajemen homestay yang sudah berjalan di lokasi tersebut”, katanya.

Mamat berharap, dengan adanya homestay di kampung wisata yang ada di Cilegon, bisa ikut mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya dalam dunia kepariwisataan. (mam-adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here