CILEGON – Satu tahun yang lalu, brand Raja Dengdeng mungkin belum familiar. Perlahan namun pasti. Pemilik sekaligus pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Raja Dengdeng yaitu Deni Irawan menorehkan prestasi.

Deni sebelumnya bukanlah pelaku UMKM dan belum membidik peluang bisnis dengdeng. Namun sejak November 2019 lalu, ia mulai memanfaatkan peluang itu. Saat itu langsung memberi brand Raja Dengdeng untuk bisnisnya.

“Awalnya modal Rp300 ribu, alhamdulillah sudah balik modal bahkan sudah dapat untung”, kata warga Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta saat ditemui oeridab.com di lapaknya persis di depan rumahnya.

Dengan cita-cita ingin memperkenalkan dengdeng Cilegon secara global, Deni terus berupaya dengan mengikuti berbagai even bazar di berbagai daerah di Indonesia. Ekspansi bisnisnya tidak hanya di lokal Banten, tapi sudah sampai Palembang, Jakarta,Kalimatan,dan sejumlah daerah lainnya.

Tidak hanya jualan melalui bazar yang diikutinya,tapi ia juga memanfaatkan media sosial internet untuk bisnisnya. Ia juga berjualan di akun facebook, google ads, bukalapak, tokopedia,shoope,dan lain sebagainya.

“Hanya tiga bulan saja,alhamdulillah bisa berkembang”, ujar laki-laki dengan empat anak ini.

Deni bercerita, ia melirik dengdeng lantaran sekali diolah bisa untuk stok satu tahun. Sementara, baru dengdeng sapi dan dengdeng kerbau yang diolah dan dijual. Dan biasanya moment-moment lebaran dan puasa itu banyak dicari. Dengan alasan itu pulalah yang membuatnya yakin memilih bisnis dengdeng.

Selain itu, pengolahan dengdeng instan yang digarap Deni juga menjadi selling point tersendiri bagi Ketua Forum UMKM Kota Cilegon ini.

“Saya klaim cuma saya satu-satunya yang menjual dan mengolah dengdeng instan lantaran setelah saya survey enggak ada yang jual dengdeng seperti saya. Apalagi sudah dipacking”, ujar adik kandung dari Ketua DPC Demokrat Kota Cilegon ini.

Setelah setahun bergulat dengan bisnisnya, ternyata usahanya tidak sia-sia. Ia menyabet penghargaan juara satu tingkat Kota Cilegon sebagai pelaku UMKM bidang kuliner pada ajang Entrepreneurs Award yang dihelat Dinas Koperasi (Diskop) di The Royale Krakatau Hotel.

Diketahui,Entrepreneurs Award merupakan ajang pemberian apresiasi terhadap para pelaku UMKM di Kota Cilegon dan sudah rutin digelar setiap tahunnya.

“Alhamdulillah ini. Baru satu tahun bikin Raja Dengdeng dapat juara satu. Gak nyangka”, tuturnya

Selanjutnya kata Deni, ia membidik bisa tembus pasar retail dan ekspor. “Untuk bisa tembus retail masuk supermarket-super market besar, tinggal nunggu izin PIRT (Pangan Industrial Rumah Tangga) aja. Karena untuk labelisasi halal kita sudah punya. Dan saya yakin ini bisa tercapai”, tandasnya. (mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here