SERANG – Masih bingung nyari oleh-oleh khas Banten?  Ke Mang Odoy aja. Lokasinya tidak jauh. Masih di Kota Serang.  Persisnya di Lingkungan Cigabus Kelurahan Kaligandu RT 02/02 depan SDN Kaligandu, di belakang Rumah Makan Bebek Jodes.

Oleh-oleh khas Banten Mang Odoy menyajikan berbagai kuliner khas produk lokal Banten.  Ada gipang, emping, kue satu, kerupuk baso, roti kering, dan lain sebagainya.  Harganya pun dijamin terjangkau. Rata-rata di bawah Rp50 ribuan.

Pemilik oleh-oleh khas Banten Mang Odoy,  Yatna Supriyatna mengaku, mengawali usahanya itu sejak 1 Januari 2021.

“Can lami sih. Nembean rek dua bulanan”, katanya dengan bahasa sundanya kepada oeridab.com,  Jumat lalu (26/2) di kediamannya.

Yatna menceritakan, dirinya tertarik dengan usaha oleh-oleh khas Banten lantaran bila lihat di sekitar Citra Gading, Kecamatan Cipocok Jaya suka ramai.

“Sepertinya ramai terus. Dan prospeknya bagus kayaknya. Jadi saya tertarik”, ujar alumni IAIN/ UIN Syarif Hidayatulah ini.

Yatna tidak sendiri dalam mengelola usahanya. Ia dibantu anak pertamanya dalam menjalankan bisnisnya itu.

Untuk memulai usahanya, garasi mobilnya ia sulap menjadi display beragam macam dagangan. Sementara itu,  untuk bahan promosi baru sebatas media sosial (medsos)  seperti Instagram dan WhatsApp.

“Untuk ke depannya, kita juga akan membuka reseller. Tapi untuk produk tertentu. Semoga lancar”, imbuh Yatna yang juga seorang pegawai ini.

Meski oleh-oleh khas Banten, namun dagangannya itu tidak produksi di kediamannya. Melainkan ia ambil dari enam agen yang ada di Banten.

“Kita pilih camilan yang kering,karena awet. Jadi belum berani kuliner yang basah. Ya saya berharap,insya Allah usaha ini berkembang”, imbuhnya.

Sedangkan dari mana diambil nama Mang Odoy itu, ia mengaku itu hasil spontanitas. “Gak tahu. Tiba-tiba aja keluar dari fikiran saya”, tutupnya. (mam/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here