CILEGON – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon menggelar kegiatan pengelolaan kampung wisata di Lingkungan Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol.

Kepala Seksi (Kasi) Destinasi dan Pariwisata Nelly Evalinda mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat yang ada di kampung wisata bisa mengerti dan memahami bagaimana mengelola kampungnya agar tetap bisa dikunjungi turis. Baik turis domestik maupun asing.

“Yang dimaksud kampung wisata disini adalah apapun yang ada di kampung tersebut dan bisa menjadi potensi wisata hingga mampu menarik para wisatawan. Jadi bisa beragam. Bisa dari kulinernya, lahan tanamannya, potensi wisata alamnya,wisata religinya, dan yang lainnya”, katanya kepada oeridab.com, Jumat (12/11).

Nelly menyebutkan ada pun kegiatan yang digelar di Cikuasa Atas yaitu pelatihan bikin kuliner, sosialisasi pemanfaatan lahan dan tanaman,baik tanaman buah maupun hias, pelatihan tour guide, dan pelatihan pengembangan pasar digital.

“Ini sangat penting agar masyarakat lebih siap”, ujar Nelly.

Sementara, Kepala Disparbud Cilegon Mahmudin berharap, masyarakat yang sudah dilatih terkait kampung wisata semoga sudah paham dan sudah bisa mengimplementasikannya.

“Kalau sudah siap, tentu ini akan menjadi destinasi wisata baru dan semoga mampu menarik PAD (pendapatan asli daerah)”, tandasnya.

Diketahui kegiatan pelatihan dilaksanakan sejak 10 sampai 11 November 2021. (nah/advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here