CILEGON – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon menggelar pelatihan ekonomi kreatif bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada di Kota Cilegon. Walikota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya sudah sepantasnya dari Cilegon mulai bermunculan sumber daya manusia (SDM) yang menciptakan inovasi baru dan berbeda dengan yang lainnya. Sehingga dengan inovasi tersebut bisa membawa nama Cilego ke level nasional.

“Sampai sekarang kan belum ada. Walaupun ada mungkin belum bisa terdeteksi. Nah melalui pelatihan ini kita buat sesuatu yang berbeda dengan daerah lain”, kata Helldy kepada wartawan usai memberikan sambutan, pada pembukaan kegiatan, Jumat (11/11) di Hotel Gondangdia.

Helldy mencontohkan, ada satu kampung di Kabupaten Wonosobo, anak-anak mudanya dilatih ngedit video dan cara bikin konten youtube. Maka, akhirnya kampung itu viral dan dikenal kampung youtuber. “Coba di Cilegon bikin seperti itu. Bikin yang berbeda, tapi bisa cepat membawa nama Cilegon ke level nasional. Jangan bikin yang populis. Itu sudah kebanyakan”, imbuh Helldy.

Sementara, Kepala Disparbud Kota Cilegon Mahmudin menuturkan, kegiatan pelatihan tersebut meliputi pelatihan seni rupa, seni pertunjukan, film, video, dan yang lainnya. “Ini semua agar ekonomi kreatif di Kota Cilegon tumbuh dan berkembang”, tutur Mahmudin.

Mahmudin berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, para pelaku ekonomi kreatif semakin bermunculan untuk terus menghidupkan dunia usaha ekonomi kreatif. “Cilegon ini potensial untuk ekonomi kreatif. Karena itu, itu fasilitasi untuk pelatihan maupun sosialisasinya”, imbuh Mahmudin.

Diketahui, peserta pelatihan ekonomi kreatif ini jumlahnya ratusan. Berdasarkan data di Disparbud peserta berjumlah sekitar 600 orang dengan berbagai bidang dan kompetensinya. (nah/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here