Pemerintahan Kota Cilegon menggelar apel memperingati Peristiwa Geger Cilegon ke – 134 (1888-2022) di halaman Kantor Wali kota Cilegon, Senin (11/07).

Dalam amanatnya Wali kota Cilegon, Helldy Agustian mengajak untuk mengenang peristiwa Geger Cilegon yang menggemparkan pada masanya.

“Saya mengajak untuk kita dapat mengingat jasa para pahlawan yang terlibat dalam Geger Cilegon, saya harap juga kepada ASN untuk dapat menanamkan nilai nilai semangat para pahlawan Geger Cilegon bukan untuk sekedar menghidupkan kenangan, namun untuk menghidupkan sejarah, karena seyogyanya kita bisa hadir disini berkat perjuangan para pendahulu kita,” ujarnya.

Helldy menyampaikan bagaimana seharusnya warga Cilegon menjadi bangga akan para pahlawan Geger Cilegon yang menjadi salah satu peristiwa dimana Belanda yang ditumpas habis 100%.

“Tidak ada peristiwa dimana Belanda gugur 100% selain di Geger Cilegon, yang menyebabkan Belanda ketakutan dan mengasingkan 99 Ulama asal Cilegon ke daerah lain, seperti Manado, Ambon, dan lainnya, maka dari itu, tidak ada geger geger lainnya selain Geger Cilegon,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Helldy mengapresiasi kerja keras seniman, sejarawan, dan aktivis dalam memperingati Geger Cilegon.

“Saya mengapresiasi seniman, sejarawan, dan aktivis dalam memperingati peristiwa Geger Cilegon ini dengan membuat sebuah film, yang insya Allah nanti film ini akan ditayangkan di bioskop – bioskop terutama bioskop di Cilegon, yang dalam film tersebut terdapat Informasi tentang sejarah Geger Cilegon sehingga dapat memotivasi generasi muda agar mengenal dan mencontoh perjuangan para pahlawan Geger Cilegon,” ujarnya.

Selain itu Helldy mengajak kepada seluruh peserta apel peringatan peristiwa Geger Cilegon untuk menghadiri juga rangkaian acara Peringatan Peristiwa Geger Cilegon.

“Saya mengimbau kepada seluruh peserta apel peringatan peristiwa Geger Cilegon untuk menghadiri rangkaian acara Peristiwa Geger Cilegon di Rumah Dinas Walikota yang nantinya akan memeringati haul pahlawan Geger Cilegon yang akan disebutkan 99 nama Ulama yang diasingkan akibat peristiwa itu, juga ada tambahan para pahlawan lainnya yang nantinya akan ada sekitar 125 nama yang akan disebutkan,” tuturnya.

Pemerintah Cilegon juga memberikan penghargaan kepada para pahlawan Geger Cilegon yang diwakili oleh keturunannya, antara lain K.H. Wasyid, K. LH. Tubagus Ismail, H.Ishak, H.Jaya, H.Nasiman, H.Afif, H. Haris Syekh Bantam, H. Arsyad Thawil, H. Makid, dan H. Abdulkarim. (rul/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here