CILEGON – Dalam rangka keseriusannya untuk menyelesaikan rendahnya penyerapan anggaran Perangkat Daerah  Pemerintah Kota Cilegon mengadakan rapat dengan Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan di Hotel The Royale Krakatau, Minggu (21/08).

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni menjelaskan bahwa kedatangan dirinya bersama tim untuk mencari informasi terkait pencapaian realisasi anggaran. Pihaknya mengaku perlu Menyikapi penyerapan Kota Cilegon, agar tahu apa yang harus dilakukan oleh Pemkot Cilegon. “itu mungkin pertanyaan yang harus kita tanyakan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar realisasi anggaran dapat terwujud sesuai target, kedatangan kami kesini untuk memberikan informasi tersebut,” ungkapnya.

Agus Fatoni mengatakan Pihaknya dari Kementerian Dalam Negeri  dengan tim lengkap dari keuangan daerah dan dari dirjen hadir bersama-sama di Kota Cilegon ini untuk menyerap informasi, serapan yang menjadi penghambat itu karena apa, ini sebagai bentuk keseriusan kami agar Cilegon ini bisa lebih baik lagi dalam realisasi anggaran.

Lebih lanjut, Agus ingin memberikan solusi juga kepada Pemkot Cilegon dalam mempercepat realisasi anggaran. “Kemudian yang berikutnya adalah untuk bagaimana memberikan solusi dalam rangka mempercepat realisasi APBD yang ada di Kota Cilegon, agar uang beredar di masyarakat, uang di belanjakan, pembangunan berjalan, pelayanan di perbaiki dan juga, masyarakat senang dan sejahtera,” terangnya.

Agus juga mengatakan bahwa Rapat ini tidak dapat terjadi kalau tidak ada keseriusan dari Wali kota Cilegon. “Hari ini menunjukan keseriusan Pak Wali kota dengan mengajak seluruh kepala OPD walaupun hari ini hari minggu dan semuanya datang bahkan sampai esselon 3 dan 4 ikut virtual, dari semangatnya sudah bagus hanya tinggal implementasinya kita tunggu serapan APBD di kota Cilegon bisa maksimal,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Agus berpesan kepada Perangkat Dareh bahwa ada beberapa poin penting untuk di seluruh perangkat daerah. “Yang harus kita lakukan pertama kita harus merubah mindset dulu, bahwa bekerja itu keharusan bekerja itu kewajiban maka kita harus maksimal, kedua kita harus punya ilmunya, kita harus belajar, biar dalam eksekusinya dalam pelaksanaanya tidak ada masalah, kemudian yg ketiga kita harus punya komitmen yg tinggi, yang keempat kita harus punya motivasi juga yang tinggi, yang kelima jangan lupa jaga kekompakan sinergi, kolaborasi dan koordinasi, mudah-mudahan semuamya akan berjalan dengan lancar dan sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Wali kota Cilegon, Helldy Agustian dalam arahannya mengatakan bahwa rapat ini penting dilakukan untuk merubah mindset dalam realisasi anggaran. “Pertama kami mengucapkan terima kasih, kepada Dirjen Keuangan Daerah yang bersedia hadir di Kota Cilegon dalam rangka membantu kita untuk percepatan penyerapan anggaran Kota Cilegon, tentunya ini menjadi sangat penting bagi kami agar dapat memberikan modifikasi dan merubah mindset dan yang lainnya,” ungkapnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih karena Pak Dirjen sangat luar biasa, langsung mengutus 3 orang Dirjennya untuk hadir disini dalam rangka memberikan motivasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, Helldy menjelaskan bahwa dirinya ingin dengan diadakannya pertemuan ini tidak ada keraguan lagi dari OPD. “Saya ingin Dirjen hadir disini untuk memberikan aturan-aturan ketentuan yang memang harus dilakukan agar supaya tidak ada keragu-raguan lagi daripada OPD dalam rangka percepatan penyerapan anggaran, karena ini tentu berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Helldy juga berharap, tim dari Dirjen mampu merubah mindset kita dalam penyerapan anggaran. “Kami berharap mereka bisa merubah mindset, mereka bisa merubah tatanan pemikiran dan juga pola kerja tentunya dalam rangka percepatan penyerapan anggaran, karena kita tahu Kota Cilegon cukup besar, di era kami dan era sebelum kami juga ada kenaikan dengan alasan Covid dan juga yang lainnya, kami ingin semuanya berjalan sesuai dengan standarisasi dan kami ingin penyerapan anggaran tentu dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat kota Cilegon,” tuturnya. (rul/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here