CILEGON – Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengadakan kegiatan Penguatan Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) dan Tim Pembina UKS/M Tingkat Kota untuk meningkatkan pelayan kesehatan dalam lingkup sekolah yang dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, bertempat di Aula Setda II, Senin (29/08).

Dalam sambutannya, Maman menyampaikan sekolah¬† harus menjadi garda terdepan dalam peningkatan kesehatan masyarakat sekolah. “Sudah dari sejak lama UKS menjadi wadah sebagai penanggung jawab kesehatan di sekolah, maka Sekolah haruslah menjadi garda terdepan dalam peningkatan kesehatan warganya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Maman menegaskan pihak sekolah harus memperhatikan toilet sekolah. “Kedepannya toilet di lingkungan sekolah disesuaikan dengan jumlah murid dalam pembangunannya, juga perawatannya juga harus dijaga, karena salah satu tingkat kebersihan dan kesehatan sekolah dapat dilihat dari bagaimana toiletnya” ujarnya.

Maman berharap pengurus sekolah dapat meningkatkan tingkat kebersihan sehingga dapat meningkatkan juga kesehatan di Lingkungan sekolahnya. “Bapak Ibu, saya berharap dengan adanya kegiatan ini, setelah mendapatkan ilmunya dari narasumber dari Kasubag Kesehatan Rakyat nanti dapat menerapkan dan membina serta mendidik perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatnya tingkat kebersihan sehingga nantinya akan meningkat juga kesehatan dalam lingkungan sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Cilegon, Drg. Ratih Purnamasari  dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta ada 60 orang yang terdiri dari perwakilan sekolah terpilih di Kota Cilegon dan kepala puskesmas se Kota Cilegon.

Lebih lanjut, Ratih juga mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menciptakan sekolah yang sehat. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan ruang sekolah yang sehat, sehingga nantinya bisa diterapkan di sekolah masing-masing,” ujarnya. (rul/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here